Langsung ke konten utama

Tidak Menyangka, Lima Air Terjun Ini Ada di Riau


LIMAINDO- Sudah punya rencana jalan-jalan akhir tahun belum? Atau lagi bersiap-siap dengan perlengkapan traveling untuk refreshing melepas penat di akhir pekan?

Bagi yang tinggal di daerah Provinsi Riau biasanya akan mencari tempat melepas penat di kawasan-kasan alam di Sumatera Barat (Sumbar). Selain jarak yang relatif dekat, wisata alamnya juga asri. Ada banyak pilihan objek wisata seperti peninggalan adat, kuliner, air terjun, pegunungan, maupun persawahan dapat memanjakan mata dan menentramkan hati.

Tetapi sebenarnya tidak perlu jauh-jauh untuk sekedar melepas penat. Di Riau atau dikenal Negeri Lancang Kuning ini juga punya objek wisata alam. Bahkan panorama alam yang indah tidak kalah dengan daerah Sumbar atau lainnya.

Wisata air terjun di Riau ini juga sudah banyak diketahui, hanya saja belum terekspos dengan baik. Setidaknya daftar lokasi wisata air ini bisa diakses secara online lewet berbagai aplikasi ponsel yang tersedia.

Selain membangkitkan potensi wisata riau yang keren, kita juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan ramainya orang datang tentunya akan mendongkrak pendapatan masyarakat lokal.

Tetapi tentu saja yang patut diingat berwisata tujuan melepas lelah bersama orang terkasih dan keluarga. Bukan merusak alam yang sudah ada. Karena itu warisan untuk anak cucu kita.

Berikut lima daftar air terjun ke Riau, water fall yang dirangkum limaindo untuk kamu ketahui dan coba kunjungi:

Air Terjun Pangkalan Kapas (Kampar)
Air terjun Pangkalan Kapas Kampar (Sumber facebook)
Air Terjun ini masih berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air terjun Pangkalan Kapas merupakan yang tertinggi di Provinsi Riau. Dengan ketinggian sekitar 150 meter ada banyak hal yang dapat dilihat dari atas sana. Tumpahan airnya menghujam langsung ke bawah tanpa menyentuh dinding tebing yang menjulang tinggi ke awan menjadi pemandangan yang fantastis.

Desa Lubuk Bigau yakni dua Desa terakhir yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Untuk melakukan perjalanan menuju ke Desa Lubuk Bigau, diperlukan persiapan khusus. Di sarankan pakai mobil double gardan (4 wheel drive), karena selama perjalanan cukup berat, yaitu berupa jalan tanah yang ketika musim hujan jalan tersebut permukaannya akan licin.

Disarankan ketika ingin melakukan perjalanan ke Desa Lubuk Bigau kita ditemani oleh profesional off roader serta membawa perlengkapan perjalanan standart off road.

Air Terjun Batu Dinding (Kampar)
Foto Batu Dinding Kampar (Sumber infopku)
Satu lagi air terjun cantik di Kabupaten Kampar tepatnya berada di areal objek wisata batu dinding. Terdapat 3 atraksi alam yang tersedia di objek wisata ini yaitu 2 air terjun dan 1 air selancar. Butuh perjuangan untuk sampai di air terjun ini karena berada di tengah Hutan Desa Tanjung Belit.

Air terjun batu dinding ini merupakan lokasi wisata populer. Tak jarang tiap akhir pekan banyak pengunjung berasal dari Kota Pekanbaru menyempatkan waktu untuk camping atau sekedar menikmati panorama alam di Desa Tanjung Belit.

Air Terjun 86 (Inhil)

Air Terjun 86 (Sumber Petahmelayu)


Air terjun 86 terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dan termasuk dalam di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Dinamakan Air Terjun 86 karena berada di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera.

Tingginya mencapai 50 meter dan dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 Km melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.

Air Terjun Aek Martua (Rohul)

Air Terjun Aek Matua (Sumber facebook)
Air Terjun Aek Martua berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Air terjun bertingkat ini sering pula disebut air terjun tangga seribu. Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan.

Nama Aek Martua diambil bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah. Aek Martua juga merupakan nama sungai di mana air terjun ini berada. Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan jarak beberapa puluh meter saja. Ketinggiannya bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter.

Bagi mereka yang menginginkan sensasi memancing juga bisa di sini dengan cara menginap. Ada banyak ikan limbat sejenis lele hutan, dengan ukuran lumayan besar. Sangat nikmat saat disantap dengan cara di bakar, lalu dimakan dengan pemandangan air terjun yang spektakuler.

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban (Kuansing)
Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban (Sumber facebook)
Air Terjun yang satu ini berada di Kabupaten Kuantan Singingi dan selalu ramai dikunjungi saat acara mandi Balimau yang digelar sehari menjelang bulan Ramadhan.

Diberi nama Tujuh Tingkat Batang Koban karena air jatuh dari tebing yang bertingkat 7 dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan.

Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan ke empat mencapai ketinggian antara 5-15 meter. Bahkan pada tingkat ke enam mencapai ketinggian sekitar 30 meter lebih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kartun Saitama One-Punch-Man Belum Terungkap

LIMAINDO - Bagi para pengemar manga atau kartun tentu tahu tokoh Saitama yang sedang jadi buah bibir saat ini. Demam anime Saitama atau One Punch Man ini bahkan telah menjadi buah bibir para otaku seluruh dunia. Tiap hari google search ramai pencarian kata kunci anime yang bercerita seorang pengangguran ingin jadi super hero atau pahlawan karena hobi. Dengan kekuatan besar, Saitama hanya membutuhkan sekali hantaman untuk menghancur leburkan apa pun. Saitama kekuatannya diakui Cyborg Genos sebagai sensei , yang merupakan 17 top orang terkuat level S dari Asosiasi Pahlawan. Tidak hanya fisik, si One Punch Man ini harus menghadapi kecemburuan dari para pahlawan lain yang ternyata memiliki dinamika sendiri. Bahkan antara hero kelas C, B, A, serta S mempunyai persoalan yang cukup pelik. Tapi yang masih jadi pertanyaan dan misteri para pengemar anime ini. Siapa sebenarnya Saitama ? Mengapa seseorang yang awalnya pengangguran memiliki kekuatan berdaya hancur level dewa. Apak

Lima Tokoh Anime Botak yang Lebih Kuat dari Saitama

LIMAINDO - Dunia anime saat ini dihebohkan dengan kehadiran seorang tokoh komik yang telah diadaptasi ke serial anime. Kartun Saitama atau berjuluk One Punch Man . Sesuai dengan julukannya kartun  Saitama dapat menghabisi lawannya hanya dengan sekali pukul. Saitama merupakan seorang pengagguran malah menjadi pahlawan dengan alasan karena hobi. Terbukti beberapa pertarungan dimenangkan mutlak olehnya. Bahkan Genos seorang Cyborg brilian dan kuat harus mengakui dan berguru padanya. Menurut limaindo yang unik dan keren dari anime  One Punch Man ini kepalanya yang plontos atau botak gundul. Ini menunjukkan tokoh utama super hero atau orang kuat di anime tidak lagi didominasi mereka yang punya rambut panjang atau lebat. Usut punya usut ternyata ada banyak tokoh botak yang memiliki kekuatan super dan cara mengalahkan lawan. Bisa saja lebih kuat dari One Punch Man . Berikut di antaranya: Piccolo (Dragon Ball) Bagi mereka yang fans dragonball sangat paham sia

Lima Tanda Bahwa Goku Lebih Kuat Dari One Punch Man

  LIMAINDO -Bagi pecinta anime di Indonesia, serial anime On e Punch Man tentu tidak asing. Kartun dengan tokoh utama berkepala plontos ini, menceritakan seorang pengang